Perbedaan File Format JPG dan PNG

Penjelasan mengenai perbedaan kedua format ini, tentu saja sangatlah menarik untuk dibahas.

Saya sendiri sebenarnya sudah tahu sejak cukup lama, namun belum pernah membuat artikelnya secara langsung. Paling hanya menyinggung sedikit ulasan singkat di beberapa artikel lain.

Singkatnya, JPG dan PNG ini memiliki perbedaan yang terletak pada jenis kompresi yang dipakai, yaitu:

  • JPG menggunakan metode kompres lossy.
  • PNG menggunakan metode kompres lossless.

Keduanya sebetulnya pernah dibahas salah satu thread di Quora (berbahasa Inggris). Tapi, buat yang nggak paham bahasa Inggris dan masih penasaran, Anda ngga perlu khawatir. Sebab, akan kita bahas selengkapnya di bawah ini:

1. JPG

JPG merupakan singkatan dari Joint Photographic Experts Group.

Apa bedanya JPG dan JPEG? Sebenarnya keduanya sama, hanya dari cara penyingkatan saja yang berbeda.

JPG sudah dikembangkan sejak lama, sebagai format file yang mendukung optimalisasi size gambar secara otomatis, dengan cara mengurangi bagian-bagian tertentu pada foto, namun tetap mengedepankan kualitas (lossy).

Format JPG sendiri biasanya digunakan untuk foto bergaya fotografi, yang mana kebanyakan memiliki size gambar yang besar.

Contoh gambar JPG misalnya seperti berikut ini:

Contoh File JPG

Foto JPG tersebut berukuran 640×426 dengan size sekitar 136KB.

Tapi, sebelum diunggah ke artikel ini, saya sudah terlebih dahulu mengecilkan fotonya menggunakan metode kompres foto JPG, hingga menjadi sekitar 90kb saja.

Bagaimana dengan kualitasnya? Tetap terlihat bagus bukan?

Selain fitur kompresi bawaan, JPG juga mendukung fitur yang bernama EXIF (Exchangeable Image File). Fitur ini memungkinkan kita untuk menyimpan informasi pada sebuah foto.

Misalnya, kapan, dimana, dan memakai perangkat kamera apa foto tersebut diambil.

EXIF tentunya sangat bermanfaat untuk para fotografer. Kenapa? Karena informasi tentang foto ini bisa menjadi referensi mereka, entah itu untuk memotret, atau untuk memilih perangkat kamera apa yang harus dipakai.

Untuk contohnya bisa cek pada foto berikut:

Apa itu JPG

Di sana terlihat jelas data-data foto, yang meliputi model kamera serta informasi-informasi lainnya seputar foto tersebut.

2. PNG

PNG adalah singkatan dari Portable Network Graphics. Format ini adalah jenis gambar yang memiliki fitur kompres tanpa mengurangi kualitas sedikitpun (lossless).

Tidak hanya itu, para ilustrator digital juga biasanya menggunakan format PNG ini untuk gambar-gambar jenis ilustrasi dan vector, dengan alasan line (garis) yang dibuat tidak pecah.

Contoh gambar PNG, seperti ini:

Contoh Gambar PNG

Ilustrasi yang cantik bukan? Gambar tersebut formatnya menggunakan PNG dan memiliki size sekitar 12KB (sudah dikompress).

Satu lagi, format PNG ini memiliki fitur transparency. Fitur ini memungkinkan pengguna bisa membuat sebuah gambar tanpa latar belakang tertentu (benar-benar kosong alias transparan).

Bagi para editor dan ilustrator, transparency PNG sangatlah membantu untuk mengedit, serta menggabungkan banyak foto sekaligus.

Untuk contohnya bisa pakai Adobe Photoshop. Nanti akan terlihat opsi pembuatan background transparan:

Apa itu PNG

Silakan coba sendiri, deh, pakai fitur Place foto.

Kesimpulan

Setelah menyimak pembahasan di atas, kita sudah sedikit mengenali perbedaan format JPG dan PNG. Sekarang, yuk, kita coba simpulkan.

Kompresi: JPG memiliki fitur kompres lossy yang berfungsi untuk mengoptimalisasi size foto dengan cara menghapus bagian tertentu pada foto.

Sumber : https://www.leskompi.com/beda-jpg-dan-png/